ARTIKEL INI AKAN SEGERA DIHAPUS: Scarcity Effect Tingkatkan Penjualan
Nah, adakah diantara sahabat yang langsung mengklik halaman ini karena merasa takut artikelnya keburu dihapus? Jika ada, maka teknik Scarcity berhasil menjebak kamu.
Di artikel sebelumnya, Sahabat Pegadaian pernah mengulas artikel tentang penjualan dengan menggunakan teknik Decoy Effect. Kali ini kita akan membahas tentang strategi penjualan menggunakan teknik Scarcity Effect.
Ada yang pernah dengar tentang Scarcity Effect? Baik kamu baca artikel ini sampai selesai ya, sahabat. Karena kami tidak hanya akan menerangkan apa arti Scarcity Effect, namun kita akan sama-sama belajar mengenai teknik Scarcity Effect apa saja yang bisa digunakan atau diterapkan dalam berjualan agar produk yang kita jual dapat menarik lebih banyak lagi pembeli.
Apa Itu Scarcity Effect?
Scarcity Effect dalam dunia marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan konsep kelangkaan atau keterbatasan untuk meningkatkan nilai suatu produk atau layanan. Ide dasar dari teknik ini adalah bahwa orang lebih mungkin menghargai sesuatu yang terbatas atau sulit didapat dibandingkan dengan sesuatu yang mudah diperoleh atau tersedia dalam jumlah besar.
Teknik ini sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk atau layanan mereka dengan menciptakan sensasi kelangkaan. Misalnya, perusahaan dapat menawarkan flash sale atau penawaran terbatas dalam jumlah yang terbatas, menggunakan tanda “terbatas” atau “hanya tersedia selama stok masih ada”, atau memberikan diskon eksklusif hanya untuk pembeli yang cepat.
Sebagai contoh, judul artikel yang kami buat sekarang ini sebetulnya hanya click bait dan tentu tidak benar-benar akan kami hapus. Kami hanya memberi contoh sederhana dari bukti bahwa kita cenderung akan langsung mengklik informasi atau produk yang sifatnya terbatas.
Bagaimana Menggunakan Teknik Scarcity Dalam Penjualan?
Terdapat 3 teknik Scarcity Effect yang bisa diterapkan dalam menyusun strategi penjualan. Antara lain adalah sebagai berikut:
- Time Limited – Scarcity (Memberi Waktu Terbatas)
Time Limited Scarcity adalah suatu kondisi di mana ada batas waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa. Ini sering digunakan dalam strategi pemasaran untuk menciptakan kebutuhan atau urgensi bagi konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa. Dengan adanya batas waktu, konsumen merasa terdorong untuk segera membeli produk atau jasa tersebut sebelum waktunya habis, karena takut tidak bisa mendapatkannya lagi di kemudian hari.
Contohnya, jika suatu toko online menawarkan diskon besar untuk suatu produk hanya selama satu hari, konsumen mungkin merasa terdorong untuk segera memesan produk tersebut sebelum waktunya habis, karena takut tidak bisa mendapatkan diskon yang sama di kemudian hari. Atau jika suatu travel agent menawarkan harga spesial untuk suatu paket wisata hanya selama satu minggu, konsumen mungkin merasa terdorong untuk segera memesan paket tersebut sebelum waktunya habis, karena takut tidak bisa mendapatkan harga yang sama di kemudian hari.
- Dime Sale – Scarcity (Penawaran Khusus)
Dime Sale adalah sebuah teknik pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk dengan menciptakan kesan kelangkaan. Pada umumnya, dime sale dilakukan dengan menjual produk dengan harga yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah pembeli. Harga tersebut biasanya mulai dari sejumlah kecil, misalnya harga awal 50 ribu, dan terus naik setiap kali ada pembeli baru yang membeli produk tersebut.
Teknik ini bertujuan untuk memberikan kesan bahwa produk tersebut sangat dicari-cari dan tidak mudah didapat, sehingga membuat orang lebih cepat memutuskan untuk membelinya. Selain itu, teknik ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pembeli karena mereka merasa membeli sesuatu yang terdapat penawaran secara khusus.
Dime Sale biasanya digunakan untuk menjual produk digital, seperti ebook, video tutorial, atau software. Namun, teknik ini juga dapat digunakan untuk menjual produk fisik, seperti barang koleksi atau produk edisi terbatas.
- Low Stock – Scarcity (Ketersediaan Stock Rendah)
Low Stock Scarcity adalah istilah yang menggambarkan situasi di mana stok suatu produk atau jasa sangat terbatas dan tidak cukup untuk memenuhi permintaan yang ada. Ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti produksi yang terbatas, permintaan yang tinggi, atau kendala logistik.
Ketika stok suatu produk atau jasa terbatas, orang-orang cenderung lebih cepat untuk membelinya karena takut kehabisan. Ini dapat meningkatkan harga produk atau jasa tersebut dan menciptakan kelangkaan yang diinginkan oleh penjual.
Penggunaan teknik Low Stock Scarcity dapat meningkatkan penjualan, tetapi juga dapat dianggap tidak etis jika penjual tidak jujur tentang stok yang tersedia atau menipu pelanggan dengan menciptakan kelangkaan yang tidak sesungguhnya. Berbeda dengan beberapa jenis produk yang sudah scarce atau langka dari sananya, seperti emas, berlian, barang-barang antik. Untuk berbagai produk yang lain maka scarcity harus diciptakan. Sebagai catatan, tidak semua produk dan kampanye memiliki scarcity alaminya, tetapi hampir semua produk dapat diciptakan scarcity-nya.
Bagaimana sahabat, sudah cukup jelas ya bagaimana cara kerja Scarcity Effect ini. Nah, jika kebetulan ada diantara Sahabat yang sedang menjalani bisnis seni dan kreatif seperti jual beli barang antik, piringan hitam, atau justru pengrajin seni yang menjual karya seninya secara terbatas, maka teknik scarcity ini sangat relevan untuk diterapkan. Dapatkan tambahan modal berbisnis dari Pegadaian. Namun terkadang ketika kita telah sibuk dengan urusan bisnis, sangat susah meluangkan waktu untuk ke lembaga keuangan untuk mengajukan pinjaman. Jika Sahabat tidak memiliki waktu untuk datang ke Pegadaian, kini Pegadaian memiliki layanan Gadai Express. Gadai Express ini merupakan layanan gadai menggunakan kurir ojek online dengan maksimal pinjaman hingga Rp10 juta. Pengajuannya juga sangat mudah melalui aplikasi Pegadaian Digital. Dana langsung masuk rekening bank dan uangnya bisa sahabat manfaatkan untuk tambah modal usaha maupun kebutuhan lainnya. Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Gadai Express.
Artikel Lainnya
Wirausaha
7 Keuntungan Bisnis Ramah Lingkungan, Bangun Citra Positif
Mendulang keuntungan dari bisnis ramah lingkungan bisa dilakukan kalau kamu tahu jenis bisnis yang tepat dan cara promosinya.
Wirausaha
10 Ide Jualan Makanan Saat Musim Hujan, Hangat dan Cuan!
Makanan dan minuman hangat biasanya banyak dicari saat hujan. Yuk, manfaatkan peluang cuan dengan mencoba ide jualan makanan saat hujan di sini!
Wirausaha
4 Syarat Mendirikan Usaha Kecil Mikro (UKM) yang Wajib Anda Ketahui
Nah, buat Anda yang juga punya rencana berbisnis dalam waktu dekat, berikut ada beberapa syarat mendirikan usaha kecil mikro yang tak boleh disepelekan, antara lain: