Peluang Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah
Apakah Anda pernah makan bakpia? Makanan ringan ini merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta biasanya membeli bakpia sebagai buah tangan untuk keluarga. Lain halnya jika Anda berkunjung ke Medan. Kota ini identik dengan oleh-oleh berupa bika Ambon. Setiap daerah memang memiliki makanan khas yang bisa diandalkan sebagai daya tarik wisata. Ini tentu merupakan sebuah peluang bisnis yang menggiurkan. Nah, jika Anda tertarik untuk berkecimpung di tengah bisnis ini, pelajari terlebih dahulu seluk-beluk peluang bisnis oleh-oleh khas daerah berikut ini:
Diperlukan Inovasi Supaya Bisa Bersaing
Di sebuah daerah yang merupakan destinasi wisata, tentu ada banyak gerai yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas daerah. Misalnya, penjual bakpia di Yogyakarta jumlahnya tak terhitung. Bahkan, di daerah Pathuk, toko-toko yang menjual bakpia berjejer di sepanjang jalan. Secara tidak langsung, hal ini menandakan persaingan sangat ketat. Nah, supaya bisnis oleh-oleh khas daerah Anda tidak mandek, tetapi menghasilkan omzet yang lumayan, diperlukan inovasi khusus. Inovasi bisa terwujud dalam bentuk rasa, tampilan, maupun kemasan yang berbeda daripada yang lain. Jangan salah, hal-hal sederhana seperti ini sangat berpengaruh pada psikologis pembeli.
Ciptakan Tren Baru
Peluang bisnis oleh-oleh khas daerah bukanlah bisnis yang hanya berkutat pada produk yang itu-itu saja. Jika diamati, ada banyak artis yang berhasil memperkenalkan oleh-oleh baru dari suatu daerah. Misalnya, Teuku Wisnu yang menciptakan produk oleh-oleh Malang Strudel. Ada pula Dude Herlino yang menciptakan Jogja Scrummy. Namun, sebelum membuat sebuah produk baru, ada baiknya Anda mempertimbangkan keterkaitan produk tersebut dengan daerah yang diwakilinya. Misalnya, karena Malang merupakan daerah penghasil apel, Anda bisa menciptakan makanan baru berbahan dasar apel.
Manfaatkan Daerah Destinasi Wisata
Perlu diakui, belum semua daerah mengembangkan potensi wisatanya dengan baik. Nah, bagi yang menginginkan tantangan, Anda bisa memilih mengembangkan oleh-oleh baru dari daerah yang belum dikenal luas. Hanya saja, pengunjung yang datang ke daerah ini biasanya tidak sebanyak yang datang ke daerah tujuan wisata. Sebaliknya, Anda memiliki kemungkinan untuk berhasil lebih besar jika memulai bisnis oleh-oleh di daerah yang dikenal sebagai pusat wisata. Ini berarti, Anda tidak akan kesulitan mencari pembeli karena sudah datang sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan produk tersebut dikenal dengan baik.
Peluang bisnis oleh-oleh khas daerah sebenarnya sangat banyak. Hanya saja, tidak semua orang peka melihat kesempatan tersebut dan mengolahnya hingga menghasilkan keuntungan maksimal. Anda bisa memulai bisnis dengan mencoba menciptakan makanan khas yang unik dan tidak biasa. Manfaatkan juga media sosial untuk memperkenalkan produk Anda ke seluruh penjuru Tanah Air sehingga merek produk tersebut lebih dikenal dan dicari wisatawan.
Tentunya bisnis pun tidak akan berjalan jika tidak adanya modal. Pegadaian memberikan solusi bisnis tanpa batas dengan program Gadai Bisnis, yang mana memberikan Anda fitur Kredit Cepat dan Aman dengan proses mudah, cepat, dan aman. Yuk, mulai berdayakan dan gali potensi daerahmu!
Artikel Lainnya
Keuangan
Kenali Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dengan Tepat
Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang memiliki prioritas berbeda. Mari kenali perbedaan kebutuhan dan keinginan dan tipsnya di sini.
Emas
7 Cara Menabung Emas di Rumah untuk Investasi yang Aman
Emas merupakan aset berharga yang perlu dijaga dengan aman karena mudah lecet dan tergores. Untuk itu, terapkan cara menabung emas di rumah ini.
Inspirasi
5 Gaya Hidup Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Sukses di Usia Muda
Sukses di usia muda bukanlah hal yang tidak bisa diraih. Pernyataan bahwa sukses diperuntukan untuk mereka yang sudah memiliki penghasilan dan relasi yang melimpah justru merupakan pola pikir yang kurang tepat. Mulailah dengan merubah gaya hidup yang bermalas-malasan demi meraih sukses di usia muda.