Ketahui Cara Bayar Cicil, Perpanjang, dan Tebus Gadai di Pegadaian

Hai, Sahabat. Sudah tahu belum bagaimana prosedur tebus gadai secara online di aplikasi Pegadaian Digital? Yuk, kita simak cara-caranya supaya kita lebih mudah dalam bertransaksi.
Gadai di Pegadaian adalah pemberian kredit dengan sistem gadai yang kepada seluruh golongan nasabah menggunakan barang berharga sebagai jaminannya. Baik untuk kebutuhan konsumtif, maupun produktif.
Terdapat berbagai barang jaminan yang diterima di Pegadaian. Gadai Emas, misalnya, menggunakan emas sebagai jaminannya, baik emas batangan maupun emas perhiasan. Selain itu ada juga Gadai Non Emas yang menerima HP, laptop, kamera, kendaraan, dan barang berharga lainnya sebagai jaminan.
Di Pegadaian juga mengenal istilah sewa modal pada gadai. Biaya sewa modal dikenakan tiap 15 hari. Jangka waktu pinjaman untuk gadai adalah selama 120 hari yang dapat diperpanjang berkali-kali maupun dilunasi sewaktu-waktu. Uang yang dipinjamkan dapat diberikan secara tunai maupun melalui transfer bank.
Dalam hal gadai di Pegadaian, terdapat 3 (tiga) jenis sistem pembayaran gadai yaitu perpanjang, cicil, dan tebus gadai.
· Perpanjang Gadai
Perpanjang gadai adalah memperpanjang jangka waktu gadai sebelum 120 hari habis. Perpanjangan dilakukan untuk 120 hari berikutnya. Hal ini dilakukan tanpa harus melakukan pelunasan lebih dahulu.
· Cicil Gadai
Cicil gadai adalah membayar sebagian uang pinjaman, sehingga uang pinjaman atau jumlah cicilannya akan berkurang.
· Tebus Gadai
Tebus gadai adalah pelunasan yang dilakukan untuk dapat mengambil benda yang dijaminkan.
Pegadaian memberikan kemudahan bagi nasabah dalam proses pembayaran gadai. Nasabah tidak lagi diharuskan untuk mengunjungi cabang Pegadaian untuk melakukan hal tersebut, cukup melalui aplikasi Pegadaian Digital yang bisa diunduh di Playstore maupun Appstore. Berikut cara – cara melakukan tebus gadai aplikasi Pegadaian Digital;
Tebus Gadai Melalui Aplikasi Pegadaian Digital
1. Unduh aplikasi melalui Play Store atau App Store dan melakukan registrasi
2. Masuk ke menu Pembayaran & Top Up lalu klik Bayar Gadai
3. Pilih jenis pembayaran gadai
4. Masukkan nomor kredit yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG)
5. Transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer bank
Dalam hal pelunasan, nasabah dapat melunasi pinjaman atau menebus barang gadai selama jangka waktu berlakunya pinjaman. Artinya, pelunasan atau tebus barang gadai tidak perlu menunggu waktu jatuh tempo tiba. Pelunasan sebelum jatuh tempo tidak dikenakan denda, tapi justru memperkecil sewa modal atau bunga yang harus dibayarkan, karena bunga dihitung setiap 15 hari.
Lalu bagaimana jika pinjaman telah jatuh tempo akan tetapi nasabah belum memiliki uang untuk melakukan penebusan barang? Untuk itu, nasabah sebaiknya memperpanjang masa atau jangka waktu pinjaman selama 120 hari ke depan cukup dengan membayar bunga atau sewa modalnya saja. Agar nasabah lebih ringan dalam menebus barang gadainya. Nasabah boleh mencicil pinjaman selama berlangsungnya masa pinjaman.
Cara Mengambil Barang Jaminan Setelah Melakukan Tebus Gadai
Setelah melakukan pembayaran, nasabah dapat mengambil barang yang dijaminkan oleh nasabah. Nasabah hanya perlu melampirkan Kartu Tanda Penduduk, Surat Bukti Gadai, dan bukti pembayaran tebus gadai ke cabang Pegadaian tempat nasabah menjaminkan aset atau barang.
Nah, Sahabat sekarang sudah paham kan bagaimana alur mulai dari cicil, perpanjang, hingga pelunasan gadai emas. Demikian penjelasan mengenai syarat, cara, dan sistem pembayaran gadai di Pegadaian. mudah bukan?
Artikel Lainnya

Inspirasi
12 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang, Mana Favoritmu?
Berlokasi di dataran tinggi, Malang memiliki beragam jenis wisata alam dan edukatif yang tidak boleh sampai terlewatkan. Temukan wisata di Malang di sini!

Inspirasi
10 Rekomendasi Kado Pernikahan untuk Orang Terdekat
Kado pernikahan untuk orang terdekat harus memiliki nilai manfaat. Inilah rekomendasi kado pernikahan untuk membantumu menentukan pilihan yang tepat.

Inspirasi
Mengenal Haji Furoda, Ini Perbedaannya dengan Haji Plus
Hari furoda adalah program haji khusus yang mekanismenya sedikit berbeda dari program haji lainnya. Kira-kira apa yang menjadi pembedanya?

Cukup membantu infonya

Hai Sugiyanto, Sahabat Pegadaian. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan, senang bisa membantu. Semoga transaksinya berjalan dengan lancar dan sehat selalu. -Nia

Bagaimana kalo pegadaian sedang libur cuti lebar . Dan jatuh tempo itu jatuh di tgl cuti pegadaian .. apakah barangnya bisa di bayar tebus lewat indomart? Dan untuk pengambilan barangnya bgimna?

Hai Viaa, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan perihal penebusan gadai dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital, bank transfer dengan nomor virtual account , ATM Bank, Alfamart dan Indomaret maksimal H-2 sebelum jatuh tempo ya. Serta untuk pengambilan barang agunan setelah dilakukan penebusan hanya dapat dilakukan melalui outlet awal gadai dengan melakukan konfirmasi maksimal H-1. Silakan dapat mengunjungi outlet awal gadai dengan membawa KTP, surat bukti kredit dan bukti pelunasan gadai. Untuk informasi lebih lanjut silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dibantu pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Sasa

Jika kita membayar perpanjang atau gadai ulang lewat shopeepay, lalu bagaimana kita tahu dibulan brp lagi kita harus membayar jika ingin gadai ulang karena struk yg tercetak hanya tertera pesanan berhasil saja. Terimakasi

Hai Miki, Sahabat Pegadaian. Perihal pengecekan tanggal jatuh tempo dapat melalui kantor cabang atau dibantu melalui kami. Apabila pengecekan melalui kami, silakan dapat menghubungi WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dibantu pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Nuha

Ini saya dikasih limit 7.400.000/8.000.000 gimana cara cicil dan tidak bisa jumlah sedikit pinjam nya

Hai Andika Nugraha, Sahabat Pegadaian. Apabila yang dimaksud oleh Sahabat adalah ingin nominal uang pinjaman kurang dari limit pinjaman maka bisa diinformasikan kepada petugas setelah penaksiran saat pengajuan gadai. Terkait cara pembayaran cicil gadai melalui aplikasi Pegadaian Digital sebagai berikut: 1. Log in aplikasi Pegadaian Digital. 2. Pilih menu pembayaran dan top up. 3. Pilih menu bayar gadai. 4. Masukkan nomor kredit dan pilih jenis transaksi cicil gadai. 5. Pastikan untuk nilai transaksi sudah sesuai. 6. Pilih metode pembayaran. 7. Lakukan proses pembayaran sesuai petunjuk. Sebagai informasi pembayaran online hanya dapat dilakukan maksimal 2 hari sebelum jatuh tempo. Apabila sudah jatuh tempo silakan pembayaran di cabang Pegadaian terdekat dengan membawa KTP dan Surat Bukti Gadai (SBG). Jika sudah lebih dari 4 hari setelah tanggal jatuh tempo hanya bisa di cabang Pegadaian awal gadai. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Pagi kak...Perhiasan pembelian tahun 2018 jika digadaikan apa mengikuti harga pasaran sekarang atau harga pembelian dulu ?

Hai Prita, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan perihal taksiran disesuaikan dengan harga pasar setempat ya, untuk informasi lebih lanjut perihal taksiran yang akan diterima silakan konfirmasi ke kantor cabang terdekat ya. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sasa

kalau sudah perpanjang + cicil apakah tanggal jatuh tempo mundur juga?

Hai Tasya, Sahabat Pegadaian. Benar ya. Perihal pembayaran perpanjangan dan cicil gadai akan membayarkan sewa modal berjalan serta biaya administrasi sehingga jatuh tempo akan bertambah sesuai dengan akad awal dihitung dari tanggal terakhir transaksi. -Nuha

apakah bisa perpanjang masa gadai di cabang lain,terima kasih

Hai Andry, Sahabat Pegadaian. Bisa ya. Pembayaran perpanjangan dapat dilakukan melalui kantor cabang terdekat dengan membawa KTP dan Surat Bukti Kreditnya. Namun apabila sudah melewati 4 hari dari tanggal jatuh tempo, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui kantor cabang terdaftar saja. -Nuha

Hai min Min jika ambil emas gadai belum 15 hari dari hari gadai apakah tetep kena biaya sewa modal?

Hai Didi, Sahabat Pegadaian. Dapat kami informasikan apabila yang dimaksud gadai emas dalam jangka waktu 4 bulan maka akan tetap dikenakan sewa modal berjalan 1,2% per 15 harinya ya. Informasi syarat lebih lanjut silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dibantu pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Isma

Apakah bila saya sudah pas dihari jatuh tempo tapi saya bisa perpanjang di outlet lain karena saya sedang diluar kota?

Hai Rickynanda Tri Putra Surbakti, Sahabat Pegadaian. Bisa ya. Pembayaran perpanjangan dapat dilakukan melalui kantor cabang terdekat dengan membawa KTP dan Surat Bukti Kreditnya. Namun apabila sudah melewati 4 hari dari tanggal jatuh tempo, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui kantor cabang terdaftar saja. -Isma

Bagaimana jika sdah jatuh tempo, apakah masih bisa di perpanjang melalui aplikasi digital pegadaian?

Hai Namira, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan apabila perpanjang atau cicil gadai melalui online hanya dapat dilakukan maksimal H-2 sebelum jatuh tempo. Apabila sudah jatuh tempo maka pembayaran hanya dapat dilakukan di kantor cabang terdekat atau terdaftar. Setelah jatuh tempo nantinya akan diberikan waktu kembali untuk pembayaran selama 4 hari. Apabila lebih dari itu, maka barang akan masuk daftar lelang. Silakan untuk dilakukan perpanjangan dengan membayar sewa modal berjalan, biaya administrasi, sebagian uang pinjaman (bila diwajibkan) dan biaya lain (apabila ada) sekaligus pengecekan status barang gadainya di kantor cabang terdaftarnya dengan membawa KTP dan surat bukti kreditnya. -Isma

Jika sudah melewati jatuh tempo 2 hari dan mau melakukan pembayaran akan tetapi brketapatan libur panjang lebaran begini dan kantor cabang tutup, solusi nya bagaimana ya kak..sementara setelah 4 hari tidak di bayar dr tanggal jatuh tempo akan di lelang.

Hai Ien, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan apabila sudah jatuh tempo maka hanya dapat dilakukan pembayaran di cabang Pegadaian terdekat dengan membawa KTP dan Surat Bukti Gadai (SBG). Sebagai informasi jika sudah lebih dari 4 hari setelah tanggal jatuh tempo hanya bisa pembayaran di cabang Pegadaian awal gadai dan akan masuk daftar lelang terlebih dahulu sebelum dilelang, dapat dilakukan pembayaran apabila belum dilelang. Agar bisa dibantu pengecekan lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Care Pegadaian melalui PEVITA (Pegadaian Virtual Assistant) di nomor WhatsApp 081111500569 dengan cara pilih menu utama dan pilih menu aduan (live agent) serta menginformasikan ingin melakukan pengecekan cabang Pegadaian terdekat yang buka layanan atau beroperasional. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Bagaimana sistem cicil gadai? Apakah di pembayaran berikutnya akan tetap kena pembayaran sewa modal?

Hai Suci, Sahabat Pegadaian. Kami bantu informasikan untuk pembayaran cicil gadai akan membayarkan sewa modal + biaya administrasi + sebagian uang pinjaman + biaya lain (apabila ada). Kemudian setiap transaksi cicil gadai atau pembayaran berikutnya akan dikenakan sewa modal ya Sahabat. -Nia

saya mau mencicil 500.000 dengan sewa modal sesuap app sebesar 221.000, lalu jika saya 3 hari kemudian ingin mencicil sebesar 300.000 apakah akan dikenakan biaya sewa modal lagi sebesar 221.000??

Hai Jesi, Sahabat Pegadaian. Benar untuk setiap transaksi cicil gadai akan dilakukan pembayaran sewa modal berjalan, biaya administrasi, nominal cicil gadai dan biaya lain apabila ada. Mengenai nominal sewa modal yang dibayarkan disesuaikan dengan jumlah hari berjalan ya sehingga nominal dapat berbeda. Apabila ingin melakukan pengecekan sewa modal melalui kami dapat dilakukan. Silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dibantu pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. -Nuha

Saya mau pelunasan cicilan kresida lewat aplikasi kok tidak bisa ya ?

Hai Izza, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Mohon dipastikan langkah pembayaran melalui aplikasi Pegadaian Digital sudah sesuai. Langkah pembayaran angsuran melalui aplikasi Pegadaian Digita sebagai berikut: 1. Log in pada aplikasi Pegadaian Digital. 2. Masuk menu pembayaran dan top up. 3. Pilih menu pembayaran angsuran. 4. Pilih nomor kredit. 5. Pilih metode pembayaran. 6. Lakukan proses pembayaran sesuai petunjuk. Apabila sudah dipastikan langkah pembayaran sesuai namun masih terkendala maka silakan menghubungi Customer Care Pegadaian melalui PEVITA (Pegadaian Virtual Assistant) di nomor WhatsApp 081111500569 dengan cara pilih menu utama dan pilih menu aduan (live agent) serta menginformasikan rincian kendala serta tangkapan layar kendalanya. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Hai Izza, Sahabat Pegadaian. Mohon maaf atas kendala yang dialami. Mohon dipastikan langkah pembayaran melalui aplikasi Pegadaian Digital sudah sesuai. Langkah pembayaran angsuran melalui aplikasi Pegadaian Digita sebagai berikut: 1. Log in pada aplikasi Pegadaian Digital. 2. Masuk menu pembayaran dan top up. 3. Pilih menu pembayaran angsuran. 4. Pilih nomor kredit. 5. Pilih metode pembayaran. 6. Lakukan proses pembayaran sesuai petunjuk. Apabila sudah dipastikan langkah pembayaran sesuai namun masih terkendala maka silakan menghubungi Customer Care Pegadaian melalui PEVITA (Pegadaian Virtual Assistant) di nomor WhatsApp 081111500569 dengan cara pilih menu utama dan pilih menu aduan (live agent) serta menginformasikan rincian kendala serta tangkapan layar kendalanya. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Saya mau lunasin cicil emas saya, kok keterangannya rekening diblokir/tidak aktif ya. Sebelumnya dibulan yang sama pada awal bulannya saya udh tf untuk cicilan kedua, nah diakhir bulannya niat saya ingin tf lgi untuk lunasin cicilan ketiga tapi keterangannya malah seperti itu. Itu kenapa ya

Hai Kiki, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan perihal pembayaran angsuran melalui aplikasi Pegadaian Digital dapat dilakukan apabila sudah memasuki bulan pembayaran atau jatuh tempo pembayaran ya. Serta untuk pelunasan angsuran dipercepat bisa dilakukan silakan dapat mendatangi cabang terdaftarnya atau awal pengajuan cicilan pembelian emas batangan dengan membawa KTP, Surat Bukti Kredit atau aplikasi Pegadaian Digital dikarenakan untuk pelunasan dipercepat hanya dapat dilakukan pembayaran pada kantor cabang saja untuk perhitungannya dengan petugas cabang tidak bisa dilakukan secara online ya. -Sasa

Bagaimana cara perhitungan bila ingin di perpanjang & berapa yang harus di bayarkan ?

Hai Yeni, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan terkait pembayaran perpanjangan barang gadai nantinya nasabah melakukan pembayaran biaya sewa modal atau bunga yang berjalan dan biaya administrasi. Apabila ingin melakukan pengecekan nominal perpanjang gadai maka silakan menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. Semoga informasi ini membantu Sahabat ya. -Sasa

Sebentar lagi saya jatuh tempo, tapi saya tidak mau perpanjang. Mau bayar cicil. Apakah tanggal jatuh tempo nya mundur?

Hai Hani, Sahabat Pegadaian. Benar ya, kami informasikan apabila melakukan cicil gadai maka akan melakukan pembayaran untuk nominal cicil minimal sebesar Rp10.000 jika melalui aplikasi Pegadaian Digital dan Rp50.000 jika melalui kantor cabang, biaya sewa modal berjalan, biaya administrasi gadai dan biaya lain apabila ada. Untuk pembayaran nominal cicil gadai tersebut akan mengurangi pokok pinjaman dan memperpanjang masa gadai sesuai dengan akad awal ya. -Nuha

Saya Gadai emas dapat limit 9500000 Klu di perpanjang Bayar perpanjangnya aja brp?

Hai Tsdcanary, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan perihal pengecekan nominal perpanjang gadai silakan dapat menghubungi kami melalui WhatsApp PEVITA di nomor 0811-1150-0569 atau email customer.care@pegadaian.co.id agar dibantu pengecekan lebih lanjut. Sebagai informasi jika menghubungi WhatsApp PEVITA silakan tekan "Menu Utama" dan pilih "Aduan (Live Agent)" agar langsung terhubung dengan agent WhatsApp. Serta perihal pengecekan nominal perpanjang gadai dapat dilakukan apabila kami terhubung dengan nasabah bersangkutan dan belum memasuki jatuh tempo dan terkait dengan pembayaran perpanjangan barang gadai nantinya nasabah melakukan pembayaran biaya sewa modal atau bunga yang berjalan dan biaya administrasi ya. -Sasa

Kak mau tanya cara perpanjangan pegadaian gimana ya? Jatuh tempo nya kebetulan 2 April. Bingung caranya

Hai Nia, Sahabat Pegadaian. Kami bantu informasikan terkait dengan pembayaran perpanjangan barang gadai nantinya nasabah melakukan pembayaran biaya sewa modal atau bunga yang berjalan dan biaya administrasi. Metode pembayaran perpanjang gadai dapat dilakukan pembayaran melalui aplikasi Pegadaian Digital, bank transfer dengan nomor virtual account , ATM Bank, Alfamart dan Indomaret maksimal H-2 sebelum jatuh tempo ya. Namun, apabila pembayarannya sudah jatuh tempo maka pembayaran juga dapat dilakukan di kantor cabang Pegadaian terdekat atau awal terdaftarnya ya dengan membawa KTP beserta Surat Bukti Kreditnya. -Sasa

klo pake virtual acc gimana caranya kak??

Hai Na, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan untuk mendapatkan Virtual Account (VA) caranya dengan pengajuan pembayaran di aplikasi Pegadaian Digital terlebih dahulu. Langkah pengajuan pembayaran gadai melalui aplikasi Pegadaian Digital sebagai berikut: 1. Log in aplikasi Pegadaian Digital. 2. Pilih menu pembayaran dan top up. 3. Pilih menu bayar gadai. 4. Masukkan nomor kredit dan jenis transaksi (tebus gadai, ulang gadai, cicil gadai). Apabila CIF belum terhubung silakan memilih kredit lain pada jenis kreditnya. 5. Pastikan untuk nilai transaksi sudah sesuai. 6. Pilih metode pembayaran. 7. Lakukan proses pembayaran sesuai petunjuk. Sebagai informasi pembayaran online hanya dapat dilakukan maksimal 2 hari sebelum jatuh tempo. Apabila sudah jatuh tempo silakan pembayaran di cabang Pegadaian terdekat dengan membawa KTP dan Surat Bukti Gadai (SBG). Jika sudah lebih dari 4 hari setelah tanggal jatuh tempo hanya bisa di cabang Pegadaian awal gadai. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

kak mau tanya, saya kn di suruh ortu buat perpanjang. lha itu caranya gimana ya? klo pake aplikasi

Hai Na, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan cara pembayaran perpanjang gadai melalui aplikasi Pegadaian Digital sebagai berikut: 1. Log in aplikasi Pegadaian Digital. 2. Pilih menu pembayaran dan top up. 3. Pilih menu bayar gadai. 4. Masukkan nomor kredit dan jenis transaksi. Silakan pilih ulang gadai apabila ingin pembayaran perpanjang gadai. Jika CIF belum terhubung dapat memilih kredit lainnya. 5. Pastikan untuk nilai transaksi sudah sesuai. 6. Pilih metode pembayaran. 7. Lakukan proses pembayaran sesuai petunjuk. Sebagai informasi pembayaran online hanya dapat dilakukan maksimal 2 hari sebelum jatuh tempo. Apabila sudah jatuh tempo silakan pembayaran di cabang Pegadaian terdekat dengan membawa KTP dan Surat Bukti Gadai (SBG). Jika sudah lebih dari 4 hari setelah tanggal jatuh tempo hanya bisa di cabang Pegadaian awal gadai. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Min mau tanya, saya gadai barang elektronik dengan tenor 1 bulan dan sudah pernah perpanjang masa gadai sebanyak 1 kali. Apakah masih bisa perpanjang masa gadai lagi?

Hai Boimin, Sahabat Pegadaian. Tidak bisa ya, apabila sudah melakukan perpanjang gadai 1 kali maka pada saat jatuh tempo selanjutnya silakan untuk melakukan pelunasan gadainya. -Sasa

Bagaimana cara membayar perpanjangan lewat Brimo....

Hai Yuni Harti, Sahabat Pegadaian. Untuk pembayaran perpanjang menggunakan BRI secara online dapat dilakukan melalui aplikasi BRIMO namun harus mendapatkan Virtual Account dari aplikasi Pegadaian terlebih dahulu ya Bapak. Berikut kami informasikan untuk langkah-langkahnya: 1. Silakan masuk ke aplikasi Brimo 2. Pilih menu BRIVA 3. Pilih pembayaran baru 4. Masukkan nomor Virtual Account yang diperoleh dari Aplikasi Pegadaian Digital 5. Silakan melakukan pengecekan pada kebenaran data yang tertera pada Virtual Account tersebut 6. Lakukan pembayaran -Sera

Kalau kita bayar cicilan perbulan itu yg sewa modal dibayarkan juga tiap bulan atau hanya sekali min?

Hai Fatimah Alphas, Sahabat Pegadaian. Perihal angsuran per bulan, sewa modal sudah termasuk dalam nominal angsuran per bulan tersebut ya Sahabat. -Nuha

Mau tanya, apabila jatuh tempo cicilan tapi kita ingin tebus gadai apakah bisa?

Hai Andre, Sahabat Pegadaian. Bisa apabila barang agunan masih tersedia. Silakan dapat melakukan penebusan dan pengambilan barang gadai melalui kantor cabang terdaftar dengan melakukan konfirmasi maksimal 1 hari sebelum melakukan penebusan dan pengambilan barang gadai. -Nuha

Malam kak...kalau sudah jatoh tempo mau cicil apakah bayar biayya perpanjangan juga?ato sudah otomatis di perpanjang tempo nya?

Hai Ika, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan apabila pembayaran cicil gadai maka sudah memperpanjang masa gadainya juga terhitung dari tanggal transaksi sesuai tenor gadai serta akan terdapat tanggal jatuh tempo terbaru. Sebagai informasi pembayaran cicil gadai terdiri dari biaya sewa modal, biaya administrasi, sebagian uang pokok pinjaman, dan biaya lain jika ada. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Hai Ika, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan apabila pembayaran cicil gadai maka sudah memperpanjang masa gadainya juga terhitung dari tanggal transaksi sesuai tenor gadai serta akan terdapat tanggal jatuh tempo terbaru. Sebagai informasi pembayaran cicil gadai terdiri dari biaya sewa modal, biaya administrasi, sebagian uang pokok pinjaman, dan biaya lain jika ada. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita

Assalamualaikum kak, klo cicil beli emas trus kita lunasi sebelum jatuh tempo , untuk mengambil emas fisiknya apakah menunggu jatuh tempo?

Hai Ela, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan setelah pelunasan maka emas fisik baru bisa diterima ya. -Sera

Apakah bisa menebus gadaian dengan KTP orang lain?

Hai Emu, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan apabila yang dimaksud ingin melakukan penebusan barang gadai diwakilkan maka bisa dilakukan ya. Terkait prosedurnya sebagai berikut: 1. Silakan dapat menandatangani kolom kuasa pada halaman belakang Surat Bukti Gadai. 2. Silakan konfirmasi cabang H-1 sebelum melakukan penebusan gadainya. 3. Membawa fotokopi KTP dari nasabah yang bersangkutan dengan jelas serta KTP asli yang mewakilkan. 4. Membawa Surat Bukti Gadai asli. 5. Melakukan penebusan di cabang awal gadainya. 6. Membayarkan biaya penebusan. -Elsa

Jika sudah bayar via pegadaian digital apa pengambilan bisa diwakilkan?

Hai Ningsih, Sahabat Pegadaian. Dengan senang hati akan kami bantu informasikan untuk pengambilan barang gadai dapat diwakilkan. Dan untuk prosedurnya sebagai berikut : 1. Silakan dapat menandatangani kolom kuasa pada halaman belakang surat bukti gadainya. 2. Silakan konfirmasi cabang H-1 sebelum melakukan pengambilan barang gadainya. 3. Membawa fotokopi KTP nasabah dan KTP asli yang mewakilkan 4. Membawa surat bukti gadai asli. -Sera

Misi kak kalo 1bon lg JT tp baru mau nyicil d bawah 300rb tp pokok pinjaman7,5jt apakaah bs dan apa bs memperpanjang jngka waktu pnijaman?

Hai Lia, Sahabat Pegadaian. Bisa ya, apabila melakukan cicil gadai nominal cicil dapat disesuaikan dengan keinginan. Untuk pembayaran cicil minimal senilai Rp50.000 apabila melalui kantor cabang dan minimal Rp10.000 apabila melalui aplikasi Pegadaian Digital ditambah biaya sewa modal, biaya administrasi serta biaya lain apabila ada. Untuk pembayaran cicil gadai tersebut akan mengurangi uang pokok pinjaman sekaligus memperpanjang masa gadai sesuai dengan akad awal ya. -Nuha

Kalo pembayaran cicil mikro double harus gimana? Yg satunya bakal kembali uang apa gmna

Hai Nur, Sahabat Pegadaian. Apabila saat ini pembayaran terdebet 2 kali maka uang tidak dapat dikembalikan, namun tidak perlu khawatir nantinya uang tersebut digunakan untuk pembayaran bulan saat jatuh tempo dan bulan selanjutnya ya. -Sera

kak mau nanya ,masa lelang tgl 18 april 2025 apakah masih bisa di perpanjang lagi?

Hai Meisha, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan perihal tersebut nantinya menyesuaikan dengan ketersediaan barang di cabang. Untuk perpanjang dapat dilakukan apabila barang gadai masih tersedia. Silakan konfirmasi ke cabang awal gadainya. -Sera

Saya mau cicil emas galeri24 dan diwaktu yg sama mau cicil emas antam juga, apakah bisa ambil cicilan 2x di apk dan waktu yg sama?

Hai Kiki, Sahabat Pegadaian. Bisa ya, untuk pengajuan cicilan mulia lebih dari 1 (satu) transaksi bisa dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital dipastikan akun sudah terhubung dengan nomor CIF dan premium ya. Kami informasikan langkah-langkah pengajuan cicilan mulia melalui aplikasi Pegadaian Digital sebagai berikut: 1. Pilih menu cicil emas. 2. Pilih cicil emas batangan. 3. Pilih vendor emas batangan. 4. Pilih denominasi yang akan diambil. 5. Pilih outlet pengambilan emas terdekat. 6. Pilih jangka waktu dan masukkan nilai uang muka. 7. Pilih metode pembayaran. 8. Lakukan proses pembayaran uang muka. -Sasa

Kalo cicil gadai itu merubah bunga apa tidak?

Hai Syahrul, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan bahwa untuk cicil nantinya tidak mengubah sewa modal, namun nantinya mengurangi sisa pokok. Untuk cicil gadai maka yang perlu dibayarkan meliputi sewa modal, biaya administrasi, sebagian uang pinjaman dan biaya lain (bila ada). Sebagai informasi tambahan untuk nominal sewa modal nantinya dipengaruhi oleh nominal uang pinjamannya ya. -Sera

Hai Syahrul, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan bahwa untuk cicil nantinya tidak mengubah sewa modal, namun nantinya mengurangi sisa pokok. Untuk cicil gadai maka yang perlu dibayarkan meliputi sewa modal, biaya administrasi, sebagian uang pinjaman dan biaya lain (bila ada). Sebagai informasi tambahan untuk nominal sewa modal nantinya dipengaruhi oleh nominal uang pinjamannya ya. -Sera

Hai Syahrul, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan bahwa untuk cicil nantinya tidak mengubah sewa modal, namun nantinya mengurangi sisa pokok. Untuk cicil gadai maka yang perlu dibayarkan meliputi sewa modal, biaya administrasi, sebagian uang pinjaman dan biaya lain (bila ada). Sebagai informasi tambahan untuk nominal sewa modal nantinya dipengaruhi oleh nominal uang pinjamannya ya. -Sera

Jika surat gadai hilang, apakah bisa tebus gadai dari aplikasi saja. Krn pakai aplikasi nya

Hai Ucok, Sahabat Pegadaian. Kami informasikan terlebih dahulu apabila Surat Bukti Gadai (SBG) hilang silakan datang ke cabang Pegadaian terdaftar untuk meminta surat pengantar kehilangan dengan membawa KTP asli. Selanjutnya membuat laporan Surat Bukti Gadai (SBG) yang hilang ke kantor polisi dengan membawa surat pengantar kehilangan. Kembali ke cabang Pegadaian terdaftar untuk melakukan cetak Surat Bukti Gadai (SBG) pengganti. Perihal tersebut karena perlu membawa Surat Bukti Gadai (SBG) saat penebusan gadai atau pengambilan barang agunan gadai walaupun bisa dilakukan pembayaran tebus gadai melalui aplikasi Pegadaian Digital. Sebagai informasi langkah pembayaran tebus gadai melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan langkah sebagai berikut: 1. Log in aplikasi Pegadaian Digital. 2. Pilih menu pembayaran dan top up. 3. Pilih menu bayar gadai. 4. Masukkan nomor kredit dan jenis transaksi pilih tebus gadai. 5. Pastikan untuk nilai transaksi sudah sesuai. 6. Pilih metode pembayaran. 7. Lakukan proses pembayaran sesuai petunjuk. Ketentuan pembayaran online hanya dapat dilakukan maksimal 2 hari sebelum jatuh tempo. Semoga informasi ini membantu Sahabat. -Sita