5 Langkah Wajib dalam Mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah

Oleh Sahabat Pegadaian dalam Wirausaha

28 October 2016
Bagikan :
image detail artikel

Seorang enterpreneur pastinya ingin bisa membangun sebuah usaha yang besar dengan nilai omset yang tinggi. Namun bagaimana pun, sesuatu yang besar selalu diawali dengan langkah-langkah kecil, termasuk memulainya dengan membangun sebuah usaha kecil dan menengah. Untuk bisa berkembang pesat, usaha kecil dan menengah atau UKM harus mampu melakukan tata kelola usaha yang baik. Berikut ini adalah lima langkah wajib yang perlu dilakukan UKM, jika ingin usahanya berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi.

1. Minimalisasi Jumlah Pengeluaran


Hal pertama yang harus diperhatikan untuk bisa mengembangkan usaha kecil dan menengah adalah mengenal dengan baik “dapur perusahaan” atau kondisi keuangan yang sedang berjalan. Kondisi keuangan yang sehat, bisa menuntun perusahaan untuk berkembang lebih baik. Pastikan jumlah pemasukan yang ada lebih besar daripada jumlah pengeluaran usaha. Biasanya, angka pengeluaran yang cukup besar dalam sebuah usaha adalah biaya operasional. Dan cara paling efektif untuk menekan pengeluaran perusahaan adalah melakukan berbagai efisiensi, mulai dari dari pengetatan biaya modal, memperpendek jalur distribusi, hingga pembatasan jumlah SDM.

2. Ikuti Perkembangan Teknologi


Teknologi memiliki kemampuan mengefektifkan proses produksi dan memperpendek rantai distribusi. Melalui teknologi berbagai pekerjaan bisa ditangani secara lebih efektif, sehingga biaya produksi bisa lebih ditekan dan perputaran modal bisa berjalan lebih cepat. Ukm-ukm harus mau membuka diri dan memperluas wawasan dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Lihatlah bagaimana belakangan ini start up- startup bisa begitu cepat berkembang. Dengan mengoptimalkan teknologi, mereka mampu mengalahkan laju usaha kecil menengah, yang bertahan dengan gaya bisnis konvensional. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha adalah dengan melakukan pemasaran produk atau jasa secara online. Akses internet yang mudah dan murah, bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dan menjaring sebanyak mungkin relasi dan calon konsumen.

3. Tentukan Harga secara Tepat


Penentuan harga juga jual produk atau jasa harus menjadi pertimbangan yang serius saat ingin mengembangkan usaha kecil dan menengah. Penetapan ini berkaitan dengan dengan segmen pasar yang menjadi target pemasaran. Sebelum menentukan harga, pastikan untuk menganalisis kualitas produk dan melakukan survei terhadap harga produk atau jasa serupa yang dimiliki oleh kompetitor.

4. Pertahankan atau bahkan Tingkatkan Kualitas Produk


Produk yang dipasarkan, baik berupa barang atau jasa, tentunya harus memiliki kualitas yang terjaga. Jangan sampai Anda memberikan produk dengan kualitas yang asal-asalan kepada konsumen. Hal ini akan sangat berdampak buruk pada perkembangan usaha. Ingat, seorang konsumen yang puas tidak akan segan-segan merekomendasikan barang atau jasa Anda kepada teman dan saudaranya.

5. Pencatatan keuangan yang baik

Pencatatan keuangan memang terlihat sepele. Namun, hal ini bisa berdampak sangat besar terhadap perkembangan usaha. Dokumentasi keuangan akan memberikan banyak data penting yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi saat akan mengambil sebuah keputusan. Di waktu yang sama, pencatatan keuangan akan sangat berguna saat Anda ingin mengajukan modal usaha ke bank atau investor. Demikian tadi langkah-langkah yang bsia dilakukan Unit Usaha Kecil dan Menengah untuk dapat mengembangkan usahanya agar menjadi semakin besar. Yuk, lakukan pembenahan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email kamu tidak akan terlihat oleh pengunjung lain.
Komentar *
Nama*
Email*
logo

PT Pegadaian

Berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ikuti Media Sosial Kami

Pegadaian Call Center

1500 569

atau 021-80635162 & 021-8581162


Copyright © 2024 Sahabat Pegadaian. All Rights Reserved